Entri Populer

Kamis, 14 April 2011

Beberapa gaya dalam berorigami....(part 1)

Tergelitik atas sekilas  obrolan beberapa malam yg lalu dgn calon master origami Indonesia di beberapa tahun yang akan datang.

menanggapi pertanyaannya "Tant…. bisa jelasin teknik origami tessellation, kawasaki dan modular origami? "
yang pasti Tess adalah salahsatu gaya atau bagian bentuk origami, Kawasaki adalah nama seorang Master origami yang juga seorang Ahli Matematika di Jepang yang terkenal dengan karyanya yaitu Rose Kawasaki dan Kawasaki theory, sedangkan Modular Origami ada dijelaskan di bawah ini .
mungkin penjelasan tadi bbrp malam sbelumnya  aga kurang yaa, nah makanya sekarang dibuat catetan yang mudah-mudahan berguna juga buat temen-temen yang sering bergelut dengan kertas dan berorigami ria tapi masih bingung dengan istilah2nya.
Dalam Origami ada beberapa Style atau gaya yang dikenal diantaranya :
  1. Abstract Origami , Origami abstrak bentuknya tidak menjelaskan sesuatu tapi berupa lipatan-lipatan yang jika diperhatikan tetap indah, mau liat contoh gambarnya ada di http://origamiblog.com/beautiful-papers-from-venezuela
  2.  Crumpled Origami, melihat bentuknya masih termasuk origami abstrak. Teknik origami yang digunakan adalah meremas kertas berulang-ulang(crumpling)  sehingga menjadi bentuk yang diinginkan tetapi tetap menghasilkan bentuk yang luar biasa. Pertama kali dicetuskan oleh Paul Jackson, sedangkan Master origami yang kini terkenal dengan gaya dan teknik ini adalah Frenchman Vincent Folderer (www.le-crimp.org)
  3. Tessellation, dalam Origami tessellation banyak digunakan pola-pola persegi dan pola tess dan banyak menggunakan variasi teknik twist . catatan : saat membuat sebuah tess sangat diperlukan ketelitian dalam membentuk pola dan memperhatikan kerapihan saat membuat grid (garis2). Mau liat contoh gambarnya kunjungi : www.origamitessellations.com
  4. Modular Origami,  Origami Modular adalah bentuk origami geometris yang terdiri dari unit-unit, teknik yang digunakan biasanya penggabungan antara unit pocket n  flap (susah ya cari kata2 yg tepat untuk ini J )
  5. Practical Origami, origami praktis : yaitu bentuk-bentuk origami yang hasilnya dapat dimanfaatkan atau mempunyai fungsi  seperti : kotak, dompet, gelas, amplop, dll
bahasan ngga sampe disini nanti nyambung lagi yaaa....

1 komentar:

  1. Hmm, baru tau aku klo origami ada beberapa gaya. Jd tertarik nih pengen belajar bikin origami.

    BalasHapus